Selasa, 23 Oktober 2012

OMATSURI

-SANJA MATSURI (TOKYO)

Mungkin Omatsuri ini yang paling cocok sebagai citra khas omatsuri Jepang. Omatsuri ini diadakan di Asakusa, Tokyo. Banyak pemuda yang memikul Omikoshi (kendaraan untuk dewa dewi) dan berkeliling kota. Di sepanjang jalan yang dilewati Omikoshi, akan ada hingga puluhan  ribu orang yang datang.

-GION MATSURI (KYOTO)

Ini adalah pesta terbesar di Kyoto, mantan ibu kota Jepang, dan sudah punya sejarah 1200 tahun. Pesta ini dimulai pada tahun 869 untuk menghindari wabah penyakit. Pesta ini berlangsung 1 bulan selama bulan Juli. Tapi puncaknya adalah Yamaboko Jungyo. Orang-orang akan menarik Yamaboko. Berat Yamaboko ini bisa sampai 10 ton. Matsuri ini banyak mempengaruhi matsuri di berbagai daerah, karena matsuri ini besar dan menarik perhatian orang-orang di ibukota. Hal ini membuat orang-orang dari daerah meniru matsuri ini

-YUKI MATSURI (HOKKAIDO, FEBRUARI)

Matsuri ini diadakan setiap tahun pada bulan Februari, di Sapporo, ibukota Hokkaido. Ciri khasnya adalah berbagai macam patung dari salju dan es batu. Jumlahnya bisa sampai 200an. Pertama kali diadakan pada tahun 1950, jadi ini masih terbilang baru dibandingkan matsuri lainnya. Setiap tahun lebih dari 2 juta orang datang untuk melihat pesta ini termasuk wisatawan asing seperti orang Taiwan. Hokkaido adalah area paling utara di Jepang. Tentu saja dingin sekali dan banyak salju.

-NEBUTA MATSURI (AOMORI, AGUSTUS)

Seperti Ogoh-ogoh di bali, lampion besar dengan berbagai motif berkeliling kota. sejarah Nebuta ini tidak jelas. sepertinya acara star festival dan acara lokal di daerah Aomori digabungkan pada sekitar abad ke-9. setelah itu lama-lama perayaan lampion ini jadi besar dan mewah seperti sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar